Selasa, 16 Oktober 2012

Asal Usul Kota Semarang

Kalau sebelumnya saya sempat membuat artikel tentang Asal Usul Kota Pekalongan, sekarang gilirannya asal usul kota Semarang. Penasaran??? Tentu saja iya, kalau tidak ngapain buka ni artikel. Ok, langsung kita menuju ke TKP.

Dahulu kala, di kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam, hidup seorang pangeran bernama Raden Made Pandan. Raden Made Pandan terkenal ahli agama Islam dan begitu disegani oleh masyarakat. Raden Made Pandan memiliki seorang anak yang bernama Raden Pandanarang. Seperti halnya ayahnya, Raden Pandanarang memiliki sifat yang sama, yaitu baik, ramah, sopan santun, dan menghormati orang tuanya.

Dikemudian hari, Raden Made Pandan berencana mengajak anak dan para pengiringnya untuk pergi ke arah barat untuk menyebarkan agama Islam. Mereka pun akhirnya pergi ke arah barat, berhari-hari lamanya mereka melakukan perjalanan hingga sampai di suatu daerah yang subur. Raden Made Pandan memutuskan untuk tinggal di daerah subur tersebut, diperintahkannya para pengiring untuk membuka hutan dan membuat rumah untuk ditinggali, serta pondok pesantren.

Pada awalnya, hanya para pengiring yang menjadi muridnya. Tapi lambat laun masyarakat sekitar mulai berdatangan untuk menjadi muridnya. Suatu ketika, Raden Made Pandan berpesan kepada anaknya agar kelak Raden Pandanarang mau meneruskan usahanya menyebarkan agama Islam dan membimbing para pengikut serta masyarakat sekitar. Raden Pandanarang mengiyakan hal tersebut.

Sepeninggal Raden Made Pandan, Raden Pandanarang menepati janjinya terhadap ayahnya. Hari demi hari, ia terus mengajarkan agama Islam dan mengelola daerah tersebut. Hingga suatu hari, ia mendapati sesuatu yang janggal. Disela-sela pohon-pohon, tampak beberapa pohon asam yang tumbuh saling berjauhan. Tak hanya Raden Pandanarang, tetapi para pengikutnya pun juga tampak keheranan. Dari hal tersebut, maka Raden Pandanarang menetapkan nama Semarang sebagai nama daerah tersebut yang berasal dari kata asem yang jarang-jarang (asem kang arang-arang).

Karena Raden Pandanarang merupakan pendiri dan pembuka daerah Semarang, diangkatlah Raden Pandanarang sebagai pemimpin dengan gelar Ki Ageng Pandanarang 1.

Terima kasih ya, sudah mau membaca artikel yang bermanfaat ini.

Daftar pustaka:
Http://kekunaan.blogspot.com/2012/06/asal-usul-kota-semarang.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar