Sabtu, 31 Mei 2014

Mitos dan Fakta tentang Refresh pada Desktop


Beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng browsing di internet, secara mengejutkan saya menemukan sebuah artikel yang berisi tentang fakta dari Refresh pada Desktop Komputer. Agak sedikit kecewa sih setelah melihat isi dari artikel tersebut, karena semua yang sudah saya lakukan terhadap komputer saya selama ini hanyalah mitos belaka. Dari situ pula, saya baru sadar ternyata tidak hanya tempat angker saja yang memiliki mitos, tetapi juga hal seperti teknologi. Penasaran apa saja yang bikin saya kecewa, berikut saya beberkan mitos dan fakta dari refresh pada komputer: 

Mitos
Ini dia, mitos-mitos dari refresh yang sering saya lakukan sebelum saya mengetahui fakta yang asli.
1. Refresh pada desktop sering kita gunakan untuk mempercepat kinerja komputer yang tadinya bekerja sangat lambat. Sebenarnya hal tersebut tidak berfungsi sama sekali atau dalam bahasa gaulnya kita cuman di-php-in.
2. Kadangkala ketika kita sedang browsing di internet dan proses load-nya berjalan lambat. Maka ada sebagian kecil atau minoritas orang yang melakukan refresh pada desktop, agar proses load-nya berjalan lebih cepat atau proses download atau upload-nya lebih kencang. Mereka yang melakukan hal tersebut bisa dikatakan tipe orang yang polos/lugu.

Fakta
Setelah membahas mitos-mitos dari refresh yang cukup bikin saya kecewa, berikut fakta-faktanya. Hingga saat ini pun saya masih mencoba move-on dari kebiasaan lama saya sama si Refresh.
1. Fungsi sebenarnya dari refresh adalah untuk memperbaharui tampilan pada desktop kita. Sebagai contoh ketika kita memiliki banyak icon shortcut pada desktop dan kita menghapus beberapa dari icon tersebut. Jika komputer tidak bekerja dengan baik, maka icon-icon tersebut akan bolong-bolong. Saat itulah fungsi refresh digunakan, dengan kita me-refresh pada desktop, maka icon-icon tersebut akan tertata rapi lagi dan bolong-bolong tersebut pun akan hilang.


2. Me-refresh desktop secara terus menerus atau menekan F5 (shortcut untuk refresh) dalam waktu yang lama, tidak akan mempercepat kinerja komputer dan malah sebaliknya. Jika hal tersebut dilakukan hanya akan memperlambat kinerjanya/menambah prosessor. Cara gampangnya, komputer sudah memiliki kerjaan lain, malah ditambah kerjaan lagi.

Jadi, kesimpulannya hentikanlah kebiasaan kelammu tersebut dan gunakanlah fungsi Refresh sesuai dengan kegunaannya dan seperlunya. Akhir kata, terima kasih banyak. 

Sumber : 
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=456012114417754&id=389878937697739

http://jagatinfo.blogspot.com/2013/08/fakta-unik-tentang-dampak-sering-refresh-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar