Sabtu, 03 Desember 2011

Mengatasi Desktop Yang Blank

Pernahkah Anda mengalami kejadian layar desktop Anda menjadi blank alias nggak ada apa-apanya selain wallpaper? Start menu hilang, windows explorer juga hilang, dan hilang-hilang yang lainnya. Kalau pernah, saya ya juga pernah. Tapi, kalau belum ya semoga nggak kejadian deh (sok baik). Ya, kejadian tersebut bermula saat saya sedang iseng mengutak-atik laptop teman saya (lagi nganggur soalnya). Setelah selesai, teman saya pun terkejut bukan kepalang melihat layar desktopnya kosong (kok malah jadi curhat lagi ya?!?!?!).

Kembali kepermasalahan, layar desktop yang blank biasanya karena file explorer.exe yang sedang bermasalah. Meskipun komputer/laptop direstart berkali-kali, tetap saja layar desktop blank. Tapi, tak usah khawatir, tak usah ragu, dan tak usah galau gundah gulana. Disini saya akan memberikan tips cara mengatasinya. Selamat menyimak.


1. Coba buka kembali explorer.exe. Buka Task Manager (Alt+Ctrl+Del) > File > New Task (Run...), dan ketikkan explorer.exe. Apabila tidak bisa, berarti kemungkinan besar file explorer.exe Anda terhapus.

2. Jalankan System Restore untuk mengembalikan komputer/laptop ke kondisi sebelum terjadi kerusakan. Buka Task Manager > File > New Task (Run...), dan ketikkan rstrui.exe. Apabila tidak bisa, maka file System Restore ini juga sudah terhapus.

3. Jika kedua file diatas tersebut sudah terhapus, maka Anda harus meng-copy file tersebut dari komputer/laptop lain. Untuk cara mem-paste-nya, buka Task Manager > File > New Task (Run...) > Browse.... Copy file explorer.exe dan paste ke C:\WINDOWS serta file rstrui.exe ke C:\WINDOWS\system32\Restore.

4. Apabila ketiga cara diatas sudah dilakukan tetapi masih terjadi masalah, maka coba repair menggunakan cd windows Anda.

5. Apabila cara-cara diatas gagal dilakukan, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan beli laptop baru install ulang windows Anda.

Semoga tips diatas dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah desktop yang blank.

6 komentar:

  1. Bermanfat sob buat jaga-jaga bila laptopku ngadat,makasih banyak infonya.Oh ya follow juga pasang link sukses saya eksekusi,silahkan dicek ulang,thanks ya.Happy weekend and happy blogging.

    BalasHapus
  2. Thanks banget ya sob infonya, memang kadang kala aku juga mengalaminya... ditunggu tips selanjutnya.

    BalasHapus
  3. Adsloko: Ya, sama2. Untuk tips2 selanjutnya, tentu akan saya buat.

    BalasHapus
  4. thaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaank bro

    BalasHapus