Selasa, 06 Desember 2011

Fungsi Toolbox pada CorelDRAW X5 eps 1

Sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan mengedarkan brosur ilmu tentang CorelDRAW X5. Sebenarnya hendak menuliskan CorelDRAW saja, tapi daripada ada kesalahan karena mungkin saja tiap versi Corel memiliki tool-tool yang berbeda, baik itu penambahan ataupun pengurangan. Kegunaan CorelDRAW ialah untuk mendesain poster, brosur, banner, dsb.
Sudah siap untuk mulai belajar? Baiklah, kalau begitu langsung kita mulai saja.

Pick Tool
Untuk menyeleksi, menggeser, memutar, dan mengubah ukuran objek.

Shape Tool (F10)
Mengubah bentuk objek yang berformat curves dengan cara menggeser titik-titik pada objek.

Smudge Brush Tool
Mengubah bentuk objek yang berformat curves. Caranya,  tekan dan geser (drag and drop) pada sisi luar objek menuju ke dalam.

Roughen Brush Tool
Mengubah garis objek yang berformat curves menjadi bergerigi. Caranya, tekan dan geser pada garis objek.


Free Transform Tool
Merotasi, merefleksi, mengubah ukuran, dan mencondongkan objek yang berformat curves lebih cepat. Caranya, tekan dan geser pada area objek. Saat pertama kali Anda melakukan klik, titik itulah yang menjadi pusatnya.


Crop Tool
Menghapus area objek, tool ini memiliki fungsi yang sama pada Crop di Ms. Word. Caranya, tekan dan geser area yang akan dipilih dan klik 2x di dalam area. Objek yang berada di luar area yang akan terhapus. Objek yang terseleksi, akan berformat curves.

Knife Tool
Memotong objek, untuk yang berformat curves, hal ini tidak dapat dilakukan. Caranya, lakukan potongan 2x pada bagian objek, dimulai dari sisi luar. Hal ini sama dengan saat memotong kue ulang tahun atau pizza.

Eraser Tool (X)
Menghapus area yang tidak diinginkan, untuk yang berformat curves, hal ini tidak dapat dilakukan. Caranya, tekan dan geser pada bagian objek.

Virtual Segment Delete Tool 
Menghapus objek yang tidak diinginkan. Caranya, tekan dan geser dan  luar area objek menuju ke bagian objek. Hal ini akan menghapus keseluruhan objek.


Zoom Tool (Z)
Memperbesar dan memperkecil layar dokumen. Terdapat 2 cara, klik dan tekan dan geser. Untuk memperbesar menggunakan klik kiri dan untuk memperkecil menggunakan klik kanan.

Pan Tool (H)
Menggeser layar dokumen. Caranya, tekan dan geser layar dokumen.


Freehand Tool (F5)
Membuat garis lurus. Caranya, klik untuk bagian awal garis, kemudian geser, lalu klik lagi untuk akhir garis (tidak sama dengan tekan dan geser). Untuk melanjutkan garis, lakukan klik 2x  saat akhir garis.

2-Point Line Tool
Membuat garis lurus. Caranya, tekan dan geser. Untuk melanjutkan garis, saat melepaskan klik seusai membuat garis, langsung klik lagi untuk menciptakan garis selanjutnya.


Bezier Tool
Membuat garis lurus dan lengkung. Untuk membuat garis lurus, caranya klik untuk awal garis, kemudian geser, lalu klik lagi dan seterusnya. Untuk membuat garis lengkung, caranya klik untuk awal garis, kemudian tekan dan geser.

Artistic Media (I)
Membuat garis dengan pilihan bentuk yang bermacam-macam. Caranya, tekan dan geser.

Pen Tool
Membuat garis lurus dan lengkung yang berlanjut. Untuk membuat garis lurus, caranya klik untuk awal garis, kemudian geser, lalu klik lagi dan seterusnya. Klik 2x untuk mengakhiri garis. Untuk membuat garis lengkung, caranya klik untuk awal garis, kemudian tekan dan geser. Klik 2x untuk mengakhiri garis.

B-Spline Tool
Membuat garis lengkung. Caranya, klik untuk bagian awal garis, kemudian geser, lalu klik lagi untuk akhir garis (tidak sama dengan tekan dan geser). Klik 2x untuk mengakhiri garis.

Polyline Tool
Membuat garis lurus dan menggambar garis. Untuk membuat garis lurus, caranya klik untuk awal garis, kemudian geser, lalu klik lagi dan seterusnya. Klik 2x untuk mengakhiri garis. Untuk menggambar garis, caranya tekan dan geser. Klik 2x untuk mengakhiri garis.

3-Point Curve Tool
Membuat garis lurus dan lengkung. Untuk membuat garis lurus, caranya tekan dan geser lalu klik 1x. Untuk membuat garis lengkung, caranya tekan dan geser, lepaskan klik kemudian geser lagi untuk melengkungkan dan klik 1x.

Semoga, artikel mengenai fungsi toolbox pada CorelDRAW X5 diatas dapat bermanfaat. Untuk fungsi toolbox CorelDRAW X5 yang lainnya dapat Anda lihat di Fungsi Toolbox pada CorelDRAW X5 eps 2. Gomawo (Aaargh!!! Ketularan demam korea lagi nih!!!).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar